Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fungsi Format Cells Dalam Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi Format Cells Dalam Microsoft Excel - Salah satu fungsi yang sering digunakan dalam Excel adalah Format Cells. Dalam menu ini tersedia format untuk mengubah angka, tanggal persen dan lainnya sehingga menu inimenjadi wajib diketahui oleh siapapun yang sering mengolah data dengan menggunakan Microsoft Excel.


Dalam Format Cells hampir tersedia seluruh menu yang bisa digunakan dalam pengolahan data. Itu artinya hanya dengan 1 menu kita bisa melakukan banyak hal bahkan menambahkan garis dan alignmentpun bisa dilakukan melalui menu ini.




Cara Menggunakan Fungsi Format Cells


Dalam menu ini tersedia 6 Tab untuk pengaturan format dalam pengolahan data Excel. Tab tersebut adalah Number, Alignment, Font, Border, Fill dan Protection. Masing - masing tab memiliki fungsi yang berbeda.

1. Tab Number


Tab Number ini digunakan untuk pengolangan angka, tanggal dan text. Dalam tab Number ini terdiri dari General, Number Currency, Accounting, Date, time, Fraction, scientific, text, special dan custom.

GeneralMerupakan format yang tidak spesifik sehingga jika dimasukan angka hanya akan menghasilkan deret angka tanpa format apapun.

NumberAda 3 menu yang dapat digunakan dalam format number ini. Fungsinya jelas untuk memberikan format angka. Isi Decimal places jika ingin memunculkan angka desimal. Cheklis Use 1000 separator jika menginginkan format angka yang menggunakan titik atau koma sebagai pemisan ribuan. Terakhir piliha bentuk angka negatif yang didinginkan dalam Negative numbers.

CurrencyFormat ini berisi Decimal places untuk memunculkan angka desimal.

Symbol merupakan tab dropdown untuk memilih icon mata uang setiap negara misalkan "Rp" untuk Indonesia. Terakhir Negative numbers untuk memilih format angka negatif.


AccountingHampir mirip dengan fungsi Tab Currency, dalam tab isi berisi  Decimal places dan Symbol yang fungsinya sama dengan tab Currency.


Date :Untuk memilih format tanggal yang akan ditampilkan dalam excel. Tersedia banyak format tanggal, bahkan bisa memilih format dari Negara mana terlebih dahulu sebelum memilih format tanggal.

TimeUntuk memilih format Time, cukup pilih formatnya dalam kotak Type kemudian klik OK.

PercentageUntuk memilih format persen, isi Decimal places jika ingin memunculkan angka desimal.

FractionUntuk memberikan format angka 1/4, 1/2 dan lainnya. Jika menggunakan format ini kemudian di ketik 0.25 maka otomatis akan menjadi 1/4. Begitupun dengan angka yang lainnya.

ScientificUntuk memberikan format angka dengan scientific.

TextUntuk memberikan format text pada cell tertentu, jika diberikan format ini dan kemudian diketik angka maka akan menjadi text dengan posisi angka ada disebelah kiri bukan sebelah kanan.

SpecialUntuk format angka spesial seperti kode pos atau nomor telepon dengan format tertentu.

CustomUntuk membuat format angka sendiri misalkan jika diketik angka 12 maka otomatis akan menjadi 0012.


2. Tab Alignment


Tab ini berfungsi untuk mengatur posisi teks. Text Alignment untuk menentukan posisi teks apakah ditengah, bawah atau atas. Text Control untuk mengatur teks yang melewati batas akhir garis kolom, piihannya adalah Wrap text untuk berfungsi jika teks melewati batas garis maka cell tersebut akan otomatis menyesuaikan dengan memperbesar kolom ke bawah dan tulisan menjadi 2 baris. Shrink to fit sebaliknya, jika melewati kolom maka otomatis tulusan dan huruf yang akan menyesuaikan. Merge cells untuk menggabungkan dua baris menjadi satu baris, biasanya sering digunakan dalam membuat tabel.


Untuk lebih jelasnya tentang cara penggunaan Tab Alignment silahkan pelajari dalam artikel yang telah dibahas sebelumnya.

3. Tab Font


Tab ini berfungsi untuk mengatuf hururf. Didalamnya terdapat pilihan jenis huruf, ukuran huruf dan style yang ingin digunakan. Color untuk memilih jenis warna huruf, dan effect akan memberikan effect tertentu terhadap tulisa yang dihasilkan.


Jika ingin mengetahui lebih detail tentang fungsi Tab Font silahkan baca dan pelajari dalam artikel yang khusus membahas tentang Tab Font.

4. Tab Border


Dari namanya sudah jelas untuk melakukan pengaturan garis. Kolom line untuk memilih jenis garis, Presets untuk menentukan garis atau tabel seperti apa yang akan digunakan. Kolom border untuk menghilangkan salah satu garis atau untuk memunculkan kembali garis yang sudah dihilangkan. Color untuk memberikan warna pada garis yang akan dibuat.

Tab ini biasanya banyak digunakan untuk membuat tabel, saya telah membahasnya dalam artikel yang lain dan silahkan untuk dipelajari.

Dalam artikel tersebut dijelaskan tentang cara membuat tabel dalam excel yang salah satu diantaranya menggunakan Tab Border.

5. Tab Fill


Digunakan untuk memberikan warna dan fill background pada tabel yang dibuat. Backgroud Color untuk memilih warna backgroud. Pattern color untuk memberikan warna dengan bentuk yang unik seperti garis atau titik - titik atau tanda silang dan lainnya.

Itulah cara menggunakan dan beberapa fungsi yang ada dalam menu Format Cells. Untuk menggunakan Format Cells ini bisa dengan klik kanan pad alembar kerja excel kemudian pilih Format Cells atau melalui menu Format pada tab yang sudah dibuka kemudian klik tanda panah untuk membuka menu drop down dan selanjutnya klik Format Cells.

Saya berharap artikel ini membantu Anda dalam menyelesaikan permasalahan seputar format dalam menggunakan Microsoft Excel. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada teman Anda yang mungkin sedang membutuhkan solusi dalam menyelesaikan pengolahan data yang berkaitan dengan format cells.
  

Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi Format Cells Dalam Microsoft Excel"