Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ranking Siswa, Cara Membuat Ranking Siswa Berdasarkan Nilai Dengan Menggunakan Rumus Dalam Microsoft Excel

Cara Menghitung Ranking Siswa - Jika kita bekerja pada sebuah sekolah atau lembaga pendidikan yang berkaitan dengan nilai maka tentu akan pernah mengalami menghitung ranking siswanya.


Mungkin saja dalam pengolahan nilai tersebut merupakan satu dari beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh Anda.

Pengolahan nilai ini selain bertujuan untuk memberikan evaluasi terhadap Siswa tetapi juga sering digunakan untuk memberikan ranking atau peringkat kepada Siswanya.

Pemberian peringkat ini bisa dilakukan secara otomatis dalam Microsoft Excel, sehingga proses penghitungan akan berjalan dengan lebih cepat.

Selain cara ini bisa juga dilakukan dengan mengurutkan data tersebut dari yang terbesar atau yang terkecil, sehingga kita akan mendapatkan mana nilai yang terbaik dan mana nilai yang terburuk.

Untuk mengurutkan data ini telah dibahas dalam artikel sebelumnya, silahkan pelajari.

Dalam atrtikel ini saya akan membahas tentang cara membuat ranking Siswa dengan rumus pada Microsoft Excel.




Untuk pembahsan lebih banyak tentang mengurutkan angka dalam Microsoft Excel silahkan dipelajari dalam bahasan Sort & Filter.

Cara Menghitung Ranking Dengan Rumus Excel 


Pada dasarnya proses penentuan ranking ini bisa dilakukan dengan cara manual atau satu persatu dengan catatan data Siswa tidak terlalu banyak.

Tapi bagaimana jika Siswa pada tempat tersebut sangat banyak, tentu ini akan memakan waktu yang sangat banyak jika dihitung satu persatu.

Microsoft Excel memberikan solusi untuk hal ini, karena Excel sudah menyediakan rumus untuk menghitung ranking secara otomatis, sehingga proses tersebut menjadi sangat cepat.



Rumus Untuk Mengitung Ranking Dalam Excel




Untuk menghitung ranking ini memerlukan dua bantuan rumus Excel, yaitu RANK dan SUM.

Fungsi masing - masing rumus tersebut adalah sebagai berikut :

- Fungsi SUM

SUM bisa digunakan untuk menghitung atau menjumlahkan deretan angka dalam Excel.

Lebih tepatnya fungsi SUM akan digunakan untuk menjumlahkan nilai yang tentu tidak hanya satu mata pelajaran.

Saya tidak akan membahas detail tentang fungsi ini baik syntaxnya ataupun argumennya karena sudah dibahas pada artikel yang lain, silahkan untuk dipelajari.




- Fungsi RANK

Ini merupakan fungsi yang paling utama dalam menentukan ranking, karena kita akan mendapatkan ranking dengan rumus ini berdasarkan angka dari rumus SUM diatas.

Fungsi RANK ini digunakan jika kita ingin menghitung atau menentukan peringkat dari sebuah deretan angka.

Untuk lebih jelasnya tentang fungsi dan juga syntax dasar dari RANK silahkan pelajari dalam kelompok artikel Fungsi Statistik.

Itulah dua fungsi yang digunakan untuk menghitung atau menentukan ranking Siswa pada Microsoft Excel.




Contoh Menghitung Ranking Siswa Dalam Excel 




Setelah memahami dua fungsi yang digunakan dalam menghitung ranking ini maka selanjutnya kita akan melihat contoh penghitungan ranking tersebut langsung dalam Microsoft Excel.

Perhatikan gambar dibawah ini :



ranking dalam excel


Dalam gambar diatas terdapat daftar nilai Siswa yang jumlahnya 5 orang. Selain itu telah dimasukan juga total nilai dari masing - masing siswa tersebut dalam kolom C, D dan E.

Buatlah tabel seperti pada gambar diatas, inputkan manual mulai dari kolom A sampai dengan E.

Untuk kolom F atau total nilai gunakan fungsi SUM untuk menjumlahkan nilai - nilai tersebut atau masukan rumus sebagai berikut :


Rumus Cell F4 : =SUM(C4:E4)

Untuk cell F5 sampai dengan F8 copy pastekan rumus tersebut.


Dengan rumus tersebut maka otomatis pada kolom F akan muncul total nilai dari masing - masing siswa.

Setelah selesai menjumlahkan nilai dari masing - masing Siswa maka selanjutnya kita akan menghitung peringkat atau ranking dalam kolom G.

Untuk menghitung ranking tersebut masukan rumus sebagai berikut :


Rumus Cell G4 : =RANK(F4;$F$4:$F$8;0)

Untuk cell G5 sampai dengan G8 copy pastekan rumus tersebut.

Setelah dimasukan rumus RANK maka otomatis akan muncul urutan angka dari 1 - 5 yang menunjukan ranking masing - masing Siswa tersebut berdasarkan total nilai.

Bahkan ranking ini akan otomatis terupdate jika kita mengubah angka nilai pada salah satu cell atau lebih dalam kolom C, D atau E.

Dari gambar dan juga uraian diatas terlihat bahwa kolom G atau ranking tidak diisi secara manual tetapi langsung akan menghitung ranking pada saat nilai diupdate.

Itulah penjelasan tentang cara menghitung ranking siswa dengan rumus Excel, semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Post a Comment for "Ranking Siswa, Cara Membuat Ranking Siswa Berdasarkan Nilai Dengan Menggunakan Rumus Dalam Microsoft Excel"